Adab Bertemu Dengan Orang Yang Lebih Muda dan Lebih Tua



"Jika bertemu dengan orang yang lebih tua, tanamkan dalam diri kamu bahwa dia lebih baik daripada saya, mengapa? Karena ia lebih dulu beriman kepada Allah daripada saya. Ketika bertemu dengan orang yang lebih muda tetap katakan pada dirimu bahwa ia lebih baik daripada saya, karena saya lebih dulu bermaksiat di dunia ini daripada dia. Maka engkau akan menjadi orang yang rendah hati dihadapan manusia dan rendah diri dihadapan Allah"

Pendekatan ini adalah salah satu aspek penting dalam budaya dan ajaran agama tertentu, terutama dalam konteks Islam. Rasa hormat terhadap orang yang lebih tua dan sikap rendah hati terhadap orang yang lebih muda adalah nilai-nilai yang ditekankan dalam Islam dan banyak agama lainnya. Ini adalah cara untuk mempromosikan kesopanan, empati, dan kesadaran akan kesalahan kita sendiri. 

Dalam Islam, ada banyak hadis dan ajaran yang menekankan pentingnya menghormati orang yang lebih tua dan bersikap rendah hati terhadap orang yang lebih muda. Ini juga mencerminkan prinsip-prinsip seperti kesadaran akan dosa dan penghormatan terhadap hierarki umur dalam masyarakat. 

Namun, perlu dicatat bahwa pendekatan ini tidak harus diterapkan dengan cara yang mematikan rasa harga diri seseorang. Rasa hormat terhadap orang lain dan kesadaran akan kesalahan kita sendiri adalah nilai yang positif, tetapi kita juga harus menjaga keseimbangan dengan memiliki rasa harga diri yang sehat dan kepercayaan pada potensi diri kita sendiri. Ini adalah cara untuk mengembangkan keseimbangan antara rasa rendah hati dan pengembangan diri yang positif.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Adab Bertemu Dengan Orang Yang Lebih Muda dan Lebih Tua"

Posting Komentar